banner

Selasa, 30 Mei 2023

Desa Sarongan Banyuwangi

Posted: Selasa, 30 Mei 2023

 

Website Desa Sarongan:

Desa Sarongan adalah salah satu desa yang memiliki luas besar di Kabupaten Banyuwangi. Wilayahnya dibatasi pegunungan dengan gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi seperti Gunung Beteng (222 meter) dan Gunung Gendong (893 meter) di arah utara. Sedangkan di arah selatan dibatasi oleh Samudra Hindia dengan garis pantainya yang masih asri.[1] Sebagian wilayahnya seperti Pantai Rajegwesi, Teluk Hijau dan Pantai Sukamade berada dalam naungan Taman Nasional Meru Betiri.[2] Di dusun Sukamade ini juga terdapat Perkebunan Sukamade yang menanam karet.

Pemukiman penduduk berdiri di jalan utama desa dari batas desa yang berbatasan dengan Perkebunan Sumberjambe, Dusun Sumberwungu, Kampung Baru, Krajan Besaran, Bayuran dan Rajegwesi hingga Sukamade. Ada juga pemukiman penduduk yang berada di kaki gunung yakni Kampung Lor Kebon. Pusat keramaian desa terdapat di Pasar Sarongan yang ramai setiap hari Minggu. Pasar ini menjual hasil bumi dari Desa Sarongan sendiri dan produk-produk yang dibeli (dikulak) di ibu kota kecamatan, Pesanggaran. Di sekitar pasar ini terdapat kantor polisi (Pos Sarongan), perwakilan kantor pos Pesanggaran, sebuah sekolah dasar (SD Negeri 1 Sarongan) dan kantor mantri (tenaga medis desa).

Lahan pertanian di Desa Sarongan masih cukup luas. Lahan tersebut ditanami padi, sayuran atau kacang-kacangan, tanaman buah, atau pepohonan seperti jati, mahoni atau sengon. Lahan untuk pertanian juga terdapat di kaki gunung di wilayah yang disebut Babatan. Di Babatan ini tanaman yang dibudidayakan para petani adalah jenis tanaman buah seperti durian, pepaya atau buah naga.

Desa Sarongan pada masa penjelajahan digunakan menjadi pangkalan militer baik oleh Belanda dan Jepang. Sehingga saat ini terdapat pangkalan TNI AL di Pantai Rajegwesi dan pos TNI AU yang berada dibawah Komando Operasi Angkatan Udara II Lanud Abdul Rachman Saleh.


Link Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Sarongan,_Pesanggaran,_Banyuwangi




Show comments
Hide comments

Share Your Thoughts!

0 komentar:

Posting Komentar