7 Jenis Jambu kristal yang Ada Di Indonesia

 

jenis jambu kristal di indonesia

Musim hujan sudah tiba, saatnya jaga daya tahan tubuh. Tak perlu mahal-mahal beli suplemen, karena kita bisa banget mengonsumsi buah supaya tidak gampang flu atau batuk. Nah ngomong-ngomong soal buah-buahan, keluarga saya selalu stok beberapa jambu kristal di rumah. Jambu kristal adalah salah satu jenis buah yang renyah dan banyak airnya. Rasanya pun manis dan mudah diolah jadi jus, puding, dan pencuci mulut yang menyegarkan. Pokoknya, makan jambu kristal adalah cara enak untuk menjaga stamina, deh!

Selama ini, saya hanya mengenal jambu kristal sebagai buah berdaging putih dengan kulit berwarna hijau. Namun ternyata, ada beragam jenis jambu kristal di pasaran, lho. Wah, apa saja ya? Simak jenis-jenisnya di bawah ini!

1. Jambu Kristal

Jambu yang satu ini paling sering kita jumpai di pasaran. Jambu kristal adalah jenis jambu kristal dengan sedikit biji dan tekstur renyah seperti buah apel atau pir. Oleh karenanya, tak jarang orang menyebut jambu kristal ini sebagai “jambu apel”. Bentuk jambu ini membulat seperti apel, memiliki daging berwarna putih, dan terasa manis serta renyah.

2. Jambu Sukun

Nama jambu kristal memang identik dengan ‘biji’ tapi siapa sangka ada jenis jambu kristal yang tidak berbiji sama sekali! Yup, jenis jambu kristal ini disebut jambu sukun. Bentuknya memang hampir sama seperti jambu kristal, hanya saja kulit jambu sukun cenderung hijau keputihan saat sudah matang dan teksturnya lebih keras. Namun ketika dibuka, daging jambu sukun berwarna putih kekuningan, terasa manis-agak asam, dan renyah seperti apel.

3. Jambu Tanjung Barat atau Pasar Minggu

Konon jambu ini berasal dari daerah Tanjung Barat atau Pasar Minggu di Jakarta, nih. Terlepas dari itu, jambu berbentuk bulat ini memiliki dua jenis yakni jambu daging putih (jambu susu) atau jambu daging merah. Jambu daging putih lebih banyak digemari karena rasanya manis, dagingnya lebih tebal, dan teksturnya renyah. Sedangkan jambu daging merah kurang banyak peminatnya karena kurang manis, daging tipis, dan lebih cepat busuk.

4. Jambu Bangkok

Nah, kalau anda pernah lihat jambu kristal berukuran jumbo, itulah yang disebut jambu bangkok! Jambu kristal ini memiliki ukuran paling besar dari jenis lainnya dengan ukuran biji yang juga lebih besar. Namun tak usah khawatir, jambu bangkok juga unggul soal rasa dan banyaknya daging, nih. Meskipun dagingnya kurang berair dan terasa agak keras, jambu bangkok memiliki rasa paling manis dari jenis jambu kristal lainnya. Tapi rasa manis ini tetap aman dikonsumsi harian, bahkan untuk penderita diabetes.

5. Jambu Getas Merah

Suka dengan jus jambu atau jus guava? Nah, jambu kristal jenis ini lah yang biasa dipakai. Sekilas jambu getas merah mirip dengan jambu tanjung barat merah. Namun, jambu getas merah punya pinggiran daging berwarna hijau-kekuningan, sedangkan bagian tengahnya berwarna merah muda. Bentuk kenampakannya agak lonjong, rasanya manis, beraroma khas, dan punya manfaat yang lebih banyak dari jambu tanjung barat merah. Tak heran, jambu getas merah memang hasil persilangan antara jambu bangkok dan jambu tanjung barat merah, lho.

6. Jambu Australia

Seperti namanya, jambu kristal ini berasal dari Australia. Jambu kristal yang satu ini memang terhitung unik dan beda kenampakannya dari jenis yang lain. Jambu australia memiliki bentuk bulat dengan kulit buah berwarna merah-keunguan. Rasanya cenderung tawar ketika masih muda, tapi kalau sudah matang benar, rasa manisnya bisa menandingi jambu bangkok! Meskipun begitu, banyak orang menjadikan jambu ini sebagai tanaman hias daripada tanaman petik. Alasannya karena ukuran buah jambu australia yang kecil dan tidak terlalu renyah dagingnya.

7. Jambu Tukan

Negara Thailand tak hanya menyumbang satu jenis jambu kristal tapi dua! Jambu tukan adalah jenis jambu kristal yang berukuran sebesar jambu bangkok. Bedanya, jambu yang juga disebut “jambu kurap” ini memiliki daging buah berwarna putih kekuningan, bertekstur tebal, dan terasa cukup manis. Tapi jika terlalu matang, jambu tukan malah berubah jadi kurang manis dan sepat, sehingga banyak orang memetiknya saat masih agak keras.

Jadi bingung mau beli yang mana, ya? Apapun jambu kristal pilihan anda, jangan lupa untuk menyimpannya dalam lemari pendingin supaya lebih tahan lama (plus sensasi dingin ketika anda menggigit daging buahnya yang berair, slurp!). Oh ya selain gentas merah, semua jenis jambu kristal ini juga bisa dijus atau diolah menjadi aneka dessert, lho.

Untuk memperoleh jambu kristal, caranya sangat mudah, Anda bisa pesan buah jambu kristal secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet. Selain jambu kristal ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Investasi Online Terbaik Terpercaya Cocok Buat Pemula