Investasi Online Terbaik Terpercaya Cocok Buat Pemula

 Investasi Online Terbaik Terpercaya Cocok Buat Pemula

Investasi online adalah cara investasi mudah, terjangkau, cocok sebagai instrumen investasi terbaik untuk pemula. Pengalaman saya, ada investasi online terpercaya untuk mewujudkan tujuan keuangan (dana pensiun, uang sekolah, jalan – jalan) Anda. Apa dan bagaimana cara melakukan investasi online?

Ada beberapa alasan yang membuat saya melakukan investasi online.

  • Gampang Diakses. Aplikasi online sangat mempermudah proses melakukan investasi tanpa perlu datang atau tatap muka.
  • Minimum Investasi Terjangkau. Umumnya, syarat jumlah investasi di online cukup rendah dan terjangkau sehingga tidak menghalangi Anda yang punya dana terbatas untuk memulai investasi.
  • Cepat. Proses investasi menjadi cepat karena semua dilakukan secara online, paperless dan tanpa tatap muka.
  • Melewati batas negara. Dengan proses online, investasi  melewati batas – batas negara sehingga Anda bisa masuk ke pasar internasional dengan lebih mudah dan murah.
  • Edukasi Investasi. Tersedia bahan edukasi yang mudah diakses, interaktif dan komprehensif di online dan dengan edukasi yang baik proses investasi bisa dilakukan dengan lebih tepat.
  • Monitoring Investasi. Investasi online memungkinkan Anda memantau portfolio investasi secara real-time, mudah dan cepat.

Keunggulan investasi online tersebut membuat saya mencoba banyak instrumen investasi dan merasakan manfaatnya.

Berikut ini adalah investasi online terbaik terpercaya yang cocok buat pemula, yaitu:

P2P – Peer To Peer Lending

P2P Peer To Peer adalah investasi 100 ribu profit harian yang mempertemukan secara langsung antara investor yang memiliki dana dengan borrower yang membutuhkan dana pinjaman. Pertemuan tersebut dilakukan secara online lewat teknologi informasi milik platform P2P.

Contoh beberapa Peer To Peer Lending di Indonesia adalah Amartha. Perusahaan P2P memilih calon peminjam sesuai kriteria dan menetapkan profile risiko peminjam, lalu menempatkan calon peminjam ke platform marketplace P2P di mana investor memilih peminjam yang akan didanai.

Peer To Peer memberikan keuntungan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah sebagai berikut:

  • Pertama, return yang ditawarkan lebih tinggi buat investor karena hubungan langsung antara investor dan borrower. Saya menikmati return P2P mencapai 12% sd 16% setahun.
  • Kedua, nilai investasi P2P relatif kecil dan terjangkau, karena proses investasi yang paperless dengan bantuan teknologi. Salah satu platform P2P menerima investasi mulai dari Rp 10,000 per pendanaan.
  • Ketiga, penggunaan teknologi informasi membuat proses investasi di P2P berlangsung online dan efisien.

Yang penting diperhatikan dalam investasi online P2P adalah resiko gagal bayar peminjam, yang sepenuhnya ditanggung investor, sementara platform p2p tidak menanggung gagal bayar peminjam.

Saham

Jika Anda baca di berbagai literatur finansial, pasti menempatkan saham sebagai instrumen investasi dengan return paling tinggi.  Pengalaman saya pribadi, saham memberikan keuntungan paling tinggi diantara investasi saya yang lain.

Data menunjukkan hal tersebut. Pergerakkan harga saham diukur oleh Indeks Harga Saham (IHSG). Jika Indeks harga saham naik, artinya secara rata-rata harga saham di pasar mengalami kenaikkan.

Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia mengizinkan pembukaan rekening untuk transaksi saham secara online untuk mempersingkat waktu pembukaan rekening serta untuk meningkatkan inklusi jasa keuangan khususnya di bidang pasar modal.

Langkah – langkah melakukan investasi saham online adalah:

  • Pilih Broker Saham. Anda harus memilih broker saham. Ada banyak broker atau disebut ‘Anggota Bursa’ yang merupakan member di Bursa Efek Indonesia (BEI). Beberapa broker menyediakan dummy-trade yang bisa Anda gunakan untuk mengevaluasi apakah aplikasi jual beli saham milik broker tersebut bagus atau tidak.
  • Buka Rekening Saham. Setelah memilih broker, langkah berikutnya adalah membuka rekening saham.  Membuka rekening wajib karena jika tidak, Anda tidak bisa melakukan transaksi saham. Broker yang baik memberikan fasilitas pembukaan rekening secara online dimana Anda cukup mengisi formulir pembukaan rekening secara online dan mengirimkan dokumen tersebut setelah ditandatangani.
  • Buka Rekening Dana Nasabah. Selain buka rekening saham di broker, berbarengan dengan itu adalah pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN). Kalau rekening saham untuk Anda bisa melakukan jual beli saham, RDN adalah rekening khusus yang dibuat di bank untuk menyimpan dana transaksi jual beli saham. Setoran modal untuk transaksi saham dan hasil penjualan saham disimpan di RDN.

Semua langkah di atas dalam pembukaan transaksi saham bisa dilakukan secara online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jenis Jambu kristal yang Ada Di Indonesia